Teknik Pengumpulan Data Penelitian dengan Dokumentasi

Teknik Pengumpulan Data Penelitian dengan Dokumentasi 

Pengertian dokumentasi

Dokumen adalah setiap bahan tertulis ataupun film, lain dari record yang tidak dipersiapkan karena adanya permintaan seorang penyidik. Sedangkan record adalah setiap pernyataan tertulis yang disusun oleh seseorang atau lembaga untuk keperluan pengujian suatu peristiwa atau menyajikan akunting. Teknik dokumentasi adalah cara mengumpulkan data melalui penelaahan sumber tertulis seperti buku, laporan, notulen rapat, catatan harian dan sebagainya yang memuat data atau informasi yang diperlukan peneliti.

Keuntungan Menggunakan Dokumen

Penggunaan bahan dokumen akan memberikan beberapa keuntungan bagi penelitian, yaitu:

  1. Membentuk dan memperbaiki kerangka konsep penelitian. 
  2. Menyarankan hipotesis baru. 
  3. Mengetes dan mengilustrasi teori dengan data dari dokumen. 
  4. Mencari pengertian historis tentang fenomena unik dengan data dokumen. 
  5. Membuat jembatan antara ilmu pengetahuan dan common sense.
  6. Mengawasi gejala dalam lapangan kedokteran. 
  7. Menyempurnakan sistem teoritis serta metodologis penelitian.

Selain itu penggunaan dokumen dapat menghemat waktu dan tenaga, karena peneliti tidak harus datang berulang - ulang mengunjungi objek/sumber penelitian.

Jenis Dokumen

Berikut ini jenis-jenis dokumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian:

Dokumen Pribadi

Dokumen pribadi merupakan catatan atau karangan seseorang secara tertulis tentang tindakan, pengalaman dan kepercayaannya. Tujuan mengumpulkan dokumen pribadi adalah untuk memperoleh kejadian nyata tentang suatu keadaan sosial dan arti berbagai faktor yang berada disekitar subjek penelitian.

Dokumen pribadi terdiri dari: 

Pertama, Buku Harian. 

Buku harian adalah catatan pribadi seseorang tentang tanggapannya terhadap berbagai peristiwa yang dialaminya setiap hari. Catatan ini sangat bermanfaat bagi penelitian, jika data yang terdapat dalam buku tersebut berhubungan dengan masalah yang sedang diteliti. 

Kedua, Surat Pribadi. 

Surat pribadi yang beredar dikalangan keluarga dapat bermanfaat bagi penelitian, apabila mampu mengungkapkan pengalaman hidup seseorang penulis, sehingga dapat mengungkapkan latar belakang sosial seseorang. 

Ketiga, otobiografi adalah dokumen pribadi yang memuat perjalanan hidup seseorang sejak lahir sampai meninggal dunia, baik pendidikan, keluarga, perjuangan, dan lain-lain. Tujuan penulisan otobiografi diantaranya karena orang senang menulis, supaya mengurangi ketegangan, mencari popularitas dan senang terhadap karya sastra. Otobiografi dapat dimanfaatkan sebagai sumber data penelitian.

Selain dokumen pribadi, menurut Koentjaraningrat berbagai dokumen yang dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan data adalah:

Pertama, surat kabar yang merupakan bahan dokumen yang sangat berharga terutama untuk mempelajari masyarakat pada era modern, karena ruang lingkupnya luas meliputi masalah tingkat lokal sampai internasional. 

Kedua, dokumen pemerintah, kepercayaan kepada bahan dokumen sebagai saksi dari peristiwa serta keadaan pada masa lalu, berdasarkan pada tidak adanya kepentingan pribadi, atau prasangka, maka dokumen pemerintah dianggap lebih netral dan sebagai dokumen yang dapat dipercaya dibandingkan dengan dokumen lainnya.

Ketiga, roman. Karya kesusastraan adalah ekspresi dari fantasi, imajinasi serta kemampuan stilistis dari seorang pengarang, tetapi dalam menulis karyanya secara tidak sengaja mengungkapkan data yang berkaitan dengan keadaan sosial pada masanya atau pada periode waktu terjadi suatu peristiwa.

Instrumen Penelitian

Instrumen penelitian adalah alat atau fasilitas yang digunakan peneliti agar kegiatan pengumpulan data lebih mudah dan hasilnya lebih baik. 

Adapun jenis instrumen pengumpul data adalah: 

a. Kuesioner

Kuesioner adalah daftar yang berisi pertanyaan yang akan diajukan kepada responden untuk memperoleh jawaban guna memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian. 

Baca juga: Teknik Pengumpulan Data Penelitian dengan Kuesioner

b. Pedoman wawancara

Pedoman wawancara adalah suatu daftar yang berisi sejumlah pertanyaan yang disiapkan oleh peneliti guna diajukan kepada responden untuk memperoleh jawaban guna mendapatkan data penelitian. Pedoman wawancara digunakan sebagai pedoman pada saat melakukan wawancara agar pertanyaan tidak mengambang, dan lebih terarah supaya memperoleh data yang benar - benar dibutuhkan peneliti.

Baca juga: Teknik Pengumpulan Data dengan Wawancara

c. Ceklist

Ceklis adalah daftar yang berisi hal-hal yang akan dicari atau diperoleh dari kegiatan pengamatan terhadap fenomena. 

d. Pedoman dokumentasi 

Merupakan suatu daftar yang berisi hal-hal yang akan dianalisis melalui dokumen yang ditelaah.

Pemilihan Metode dan Instrumen Pengumpul Data

Beberapa hal yang mempengaruhi pemilihan metode dan instrumen pengumpul data menurut Suharsimi Arikunto, adalah:

a. Tujuan penelitian

Untuk menentukan metode dan instrumen penelitian sangat ditentukan oleh apa yang menjadi tujuan penelitian. Selain itu tujuan penelitian menentukan jenis variabel yang akan diteliti. 

b. Sampel penelitian

Jumlah sampel yang besar tentu tidak memungkinkan peneliti menggunakan metode wawancara atau observasi. 

c. Lokasi penelitian

Apabila lokasi penelitian mencakup wilayah yang luas, akan lebih efektif menggunakan metode angket. 

d. Pelaksana penelitian. 

Apabila penelitian melibatkan banyak orang, sedangkan responden sedikit, maka metode wawancara atau observasi sangat tepat digunakan. 

e. Biaya dan ketersediaan waktu

Penggunaan observasi akan menghasilkan data penelitian lebih baik, tetapi karena keterbatasan waktu dan biaya, maka penggunaan angket menjadi pilihan yang tidak bisa dihindarkan. 

f. Data 

Wawancara lebih tepat digunakan untuk mengorek pendapat seseorang secara lebih mendalam, dan sebaliknya angket hanya terbatas.

Demikian artikel yang berjudul Teknik Pengumpulan Data Penelitian dengan Dokumentasi, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di faqirilmu.com







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca nilai R Tabel dan Download R Tabel (Tabel R)

Perbedaan Scale, Nominal dan Ordinal pada Measure di SPSS

Analisis Crosstab dengan SPSS [Uji Chi-Square dan Correlation]

Pengertian Data View dan Variabel View SPSS serta Fungsinya

Cara Analisis Regresi Linear Berganda dengan SPSS