Perbedaan Scale, Nominal dan Ordinal pada Measure di SPSS

Perbedaan Scale, Nominal dan Ordinal pada Measure di SPSS

    Measure merupakan salah satu kolom yang berada di variable view IBM SPSS. Kolom measure harus ditetapkan terlebih dahulu sebelum melakukan analisis data lebih lanjut. Terdapat 3 tipe variabel pada kolom measure SPSS yaitu scale, nominal dan ordinal. Ketiga variabel tersebut memberikan jenis nilai serta informasi analisis yang berbeda. Berikut ini pengertian dan perbedaan scale, nominal dan ordinal pada SPSS.

    Penentuan measure merupakan hal dasar yang sangat penting untuk diketahui saat bekerja menggunakan SPSS. Misalnya kita tidak boleh membuat variabel nominal untuk melakukan perhitungan nilai rata-rata dan standar deviasi. Pilihan untuk mengubah tipe variabel suatu variabel terdapat pada lembar kerja Variabel View SPSS. Gambar dibawah ini merupakan ilustrasinya.

Tampilan kolom Measure di Lembar Kerja Variable View SPSS

A. Variabel Nominal pada SPSS

    Variabel nominal merupakan tipe variabel yang digunakan hanya sebatas memberi label pembeda pada suatu data. Variabel nominal tidak digunakan untuk melakukan perhitungan data secara matematika seperti penjumlahan, perkalian, dan lain sebagainya. Secara fundamental variabel jenis ini digunakan untuk menghitung banyaknya data. Hal ini sangat mempengaruhi analisis data tingkat lanjut. Beberapa contoh penggunaan nominal level saat membuat variabel dengan menggunakan SPSS adalah sebagai berikut:

1. Variabel nama kabupaten
2. Variabel jenis kelamin
3. Variabel nama perusahaan
4. Variabel nama instansi

B. Variabel Ordinal pada SPSS

    Variabel ordinal adalah tipe variabel yang sering disebut sebagai ranked data atau menunjukkan tingkatan data. Data dalam bentuk ordinal level dikategorikan berdasarkan kuantitas dan kualitasnya. Beberapa contoh penggunaan ordinal level adalah sebagai berikut:

1. Variabel tingkat pendidikan (SD, SMP, SMA, dan PT)
2. Variabel rasa makanan (tidak enak, enak, dan sangat enak)
3. Variabel tingkat suhu (dingin, hangat, dan panas)
4. Variabel tingkat harga (murah, sedang, dan mahal)
5. Variabel umur (anak-anak, remaja, dewasa, dan manula)

C. Variabel Scale pada SPSS

    Variabel scale merupakan tipe variabel yang digunakan untuk melakukan perhitungan data terhadap variabel angka seperti menghitung nilai statistika deskriptif. Jadi variabel scale ini berupa angka. SPSS secara fundamental akan mendefinisikan data secara otomatis sebagai variabel dengan tingkat interval atau tingkat rasio. SPSS tidak mengharuskan pengguna membedakan data scale secara manual, apakah termasuk data dengan tingkat interval atau tingkat rasio. Beberapa contoh penggunaan variabel scale adalah sebagai berikut:

1. Variabel tinggi badan
2. Variabel berat badan
3. Variabel nilai ujian
4. Variabel jarak
5. Variabel harga beras

 Baca Juga: Cara Memasukkan Data atau Input Data di SPSS

Demikian artikel tentang perbedaan scale, nominal dan ordinal pada measure di SPSS, Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih :)



Referensi:

https://www.advernesia.com/blog/spss/tipe-data-spss-perbedaan-scale-nominal-dan-ordinal-pada-spss/

Trihendradi, C., 2013. Step by Step SPSS 21 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca nilai R Tabel dan Download R Tabel (Tabel R)

Analisis Crosstab dengan SPSS [Uji Chi-Square dan Correlation]

Pengertian Data View dan Variabel View SPSS serta Fungsinya

Cara Analisis Regresi Linear Berganda dengan SPSS