Uji Friedman: Pengertian, Syarat, dan Analisis dengan SPSS

Uji Friedman: Pengertian, Syarat, dan Analisis dengan SPSS


Apa Itu Uji Friedman?

Uji Friedman adalah uji pada statistik non parametrik yang dikembangkan oleh Milton Friedman. Uji Friedman hampir sama dengan uji ANOVA pada statistik parametrik, yaitu digunakan melihat perbedaan dari tiga atau lebih percobaan yang berulang. Atau dengan kata lain uji friedman digunakan untuk melihat perbedaan tiga sampel atau lebih yang saling berhubungan. 

Maksudnya gimana sampel yang berhubungan? Yaitu sebuah sampel yang diberikan perlakuan yang berbeda-beda. Contohnya dalam membuat varian produk kopi, masing-masing produk kopi mendapatkan perlakuan yang berbeda, sehingga nantinya akan melihat apakah masing-masing produk apakah terdapat perbedaan dalam hal rasa. 

Uji friedman termasuk dalam statistik nonparametrik karena dalam melakukan olah data, tidak memerlukan data yang berdistribusi normal. Uji Friedman merupakan perluasan dari uji Wilcoxon. Ciri khusus uji Wilcoxon yaitu terdapat dua sampel yang saling berhubungan. 

Syarat - Syarat dalam Mengunakan Uji Friedman

Ketika Anda memilih untuk menganalisis data menggunakan uji Friedman, maka Anda perlu memeriksa untuk memastikan bahwa data yang ingin Anda analisis benar-benar dapat dianalisis menggunakan uji Friedman. Uji Friedman dapat Anda gunakan apabila memenuhi empat asumsi berikut ini:

  1. Terdapat tiga sampel atau lebih yang saling berhubungan. Atau dengan kata lain terdapat tiga variabel atau lebih yang saling berhubungan
  2. Pengambilan sampel secara acak.
  3. Skala pengukuran sampel minimal menggunakan skala ordinal. Artinya apabila menggunakan skala interval atau rasio juga bisa. Contoh menggunakan skala ordinal: sangat tidak suka, tidak suka, netral, suka, sangat suka. 
  4. Data penelitian tidak harus berdistribusi normal. 

Baca Juga: Cara Uji Normalitas dengan SPSS

Contoh Kasus Uji Friedman (Friedman Test)

Seorang produsen kopi melakukan pengamatan terhadap lima varian produk baru yang rencananya akan diproduksi secara massal. Seorang peneliti mengundang 15 orang untuk memberi rating terhadap produk tersebut. Peneliti ingin melihat apakah masing masing produk kopi mempunyai tingkat kepuasan yang sama? Rating yang diberikan antara 1 (tidak puas) sampai 10 (puas). Berikut ini data rating produk yang didapatkan. 

Data Rating Produk Kopi

Tabel diatas terdapat lima variabel yang saling berhubungan. Di sini seorang responden (penilai) mencicipi kelima varian kopi, atau bisa dikatakan suatu eksperimen yang pengukurannya terhadap kelima varian produk dilakukan terhadap subjek yang sama (seorang responden/penilai). 

Langkah – langkah Uji Friedman dengan SPSS

Kita akan melakukan analisis data untuk contoh di atas menggunakan software SPSS. Berikut ini langkah-langkah uji Friedman dengan SPSS:

1. Buka software SPSS, lalu input data untuk kasus diatas. Setelah input data maka tampilan data view dan variabel view SPSS akan seperti ini:

Tampilan Data View SPSS
Tampilan Data View SPSS
Tampilan Variable View SPSS
Tampilan Variable View SPSS

2. Setelah sudah input data, lanjut uji Friedman dengan klik Analyze, lalu Nonparametric Test, lalu Legacy Dialogs, lalu pilih K Related Samples pada menu.

Langkah - langkah Uji Friedman dengan SPSS

3. Setelah langkah tersebut maka muncul kotak dialog Tests for Several Related Samples. Blok variabel Kopi1, Kopi2, Kopi3, Kopi4, dan Kopi5 pada kotak sebelah kiri dan masukkan ke kotak Test Variables dengan menggunakan tanda panah.

kotak dialog Tests for Several Related Samples

4. Pada Test Type pastikan Friedman sudah tercentang. Lalu klik Tab Statistics, sehingga muncul kotak dialog Several Related Samples: Statistics. Beri centang pada Descriptive 

kotak dialog Several Related Samples: Statistics

5. Klik Continue, sehingga kembali ke kotak dialog awal. Terakhir klik OK, sehingga muncul output SPSS sebagai berikut:


Interpretasi Output SPSS Friedman Test

Output Descriptive Statistic

Output Descriptive Statistic

Tabel Descriptive Statistic memaparkan jumlah sampel (N), nilai rata - rata (Mean), Standar Deviation, nilai Minimun dan nilai Maksimum. Jumlah sampel (N) sebanyak 15, dengan nilai Mean terbesar pada variabel Kopi4 yaitu 7,27. Nilai minimum terkecil adalah 4 pada variabel Kopi1, sedangkan nilai Maximum terbesar pada variabel Kopi4 sebesar 9.  

Output Ranks

Output Ranks

Tabel Ranks memaparkan nilai Mean Rank dari kelima produk kopi. Rating kepuasan tertinggi ada pada Kopi4 dan yang terendah pada Kopi1.

Output Test Statistics

Output Test Statistics

Tabel test statistics merupakan tabel yang akan digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian. Untuk itu kita perlu tahu rumusan hipotesis untuk kasus diatas.

Hipotesis Penelitian dalam Uji Friedman 

H0 = tidak ada perbedaan tingkat kepuasan diantara kelima produk kopi.
H1 = ada perbedaan tingkat kepuasan diantara kelima produk kopi.

Setelah Anda mengetahui hipotesisnya, Anda perlu mengetahui pedoman pengambilan keputusan uji Friedman. Berikut ini pedoman pengambilan keputusan uji Friedman:

Pedoman Pengambilan Keputusan pada Uji Friedman

Apabila nilai Asymp. Sig. > 0,05 maka H0 diterima
Apabila nilai Asymp. Sig. < 0,05 maka H0 ditolak

Pada tabel test statistics diperoleh nilai Asymp Sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Karena H0 ditolak maka H1 diterima, jadi ada perbedaan tingkat kepuasan diantara kelima produk kopi

Anda juga dapat menyimak pembahasan Uji Friedman: Pengertian, Syarat, dan Analisis dengan SPSS dalam bentuk penjelasan video berikut ini.


Sampai disini ya, pembahasan mengenai Uji Friedman: Pengertian, Syarat, dan Analisis dengan SPSS. Semoga artikel ini mudah dipahami ya. Terima kasih sudah berkunjung di faqirilmu.com


Referensi:

Trihendradi, C., 2013. Step by Step IBM SPSS 21: Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

https://statistics.laerd.com/spss-tutorials/friedman-test-using-spss-statistics.php



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca nilai R Tabel dan Download R Tabel (Tabel R)

Perbedaan Scale, Nominal dan Ordinal pada Measure di SPSS

Analisis Crosstab dengan SPSS [Uji Chi-Square dan Correlation]

Pengertian Data View dan Variabel View SPSS serta Fungsinya

Cara Analisis Regresi Linear Berganda dengan SPSS