Pengenalan Tampilan SPSS [Belajar SPSS Pemula]

Pengenalan Tampilan SPSS [Belajar SPSS Pemula]

Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mengenai pengertian SPSS, fitur dasar serta penggunaan SPSS. Pada artikel kali ini kita masih membahas pengenalan SPSS khususnya bagian-bagian tampilan atau user interface. Berikut ini beberapa tampilan dan bagian-bagian pada jendela SPSS.

1.       Dialog IBM SPSS Statistic

gambar ini merupakan tampilan awal setelah meng-klik ikon IBM SPSS 

Kotak dialog IBM SPSS Statistic ini merupakan tampilan awal SPSS setelah kita tekan klik pada shortcut SPSS. Pada tampilan ini ada pilihan apakah ingin membuka file sebelumnya (open an existing data source) atau ingin membuat file baru. Apabila ingin membuat file baru maka  tekan Cancel. Setelah tombol Cancel ditekan maka anda akan menuju  data editor.

2.       Data Editor

Data editor pada SPSS terdapat 2 jendela utama yaitu variabel view dan data view 

Data editor merupakan jendela utama dari perangkat lunak SPSS yang terdiri dari Data View dan Variabel View. Data dan variabel ditampilkan dalam bentuk spreadsheet sama halnya dengan Microsoft Excel. Data View merupakan tempat kita memasukkan data hasil pengamatan, sedangkan Variabel View  merupakan tempat kita menetapkan variabel-variabel pengamatan. Sebelum kita memasukkan data hasil pengamatan, kita harus menuliskan variabel pengamatan tersebut pada Variabel View.

Baca Juga: Pengertian Data View dan Variable View serta Penggunaanya pada SPSS

3.       Output Viewer

gambar ini merupakan tampilan output viewer pada SPSS


Output Viewer adalah jendela yang ditampilkan secara otomatis untuk menampilkan log, hasil analisis, deskriptif, dan lain-lain. Saat pengguna membuat file baru atau membuka file, output viewer untuk data tersebut juga otomatis terbuka.

Output viewer dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian kiri dan bagian kanan. Bagian kiri menampilkan garis-garis besar output yang telah dibuat seperti daftar isi pada sebuah buku. Bagian kanan menampilkan isi dari output yang telah dikeluarkan.  

Pengguna juga dapat menyimpan hasil output dalam bentuk file dengan ekstensi dot spv. Selain itu juga tersedia versi lain untuk menyimpan output file seperti ekstensi lain seperti pdf, doc, dan html dengan melakukan export (File > Export).

 Anda juga bisa melihat materi Pengenalan Tampilan SPSS dalam bentuk video dibawah ini. 


Sekian artikel Pengenalan Tampilan SPSS [Belajar SPSS Pemula]. Semoga bermanfaat, terimakasih. 

 

 


Referensi :

https://www.advernesia.com/blog/spss/bagian-tampilan-dan-pengenalan-spss

https://www.statistikian.com/2017/05/tutorial-spss-bahasa-indonesia.html


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca nilai R Tabel dan Download R Tabel (Tabel R)

Analisis Crosstab dengan SPSS [Uji Chi-Square dan Correlation]

Perbedaan Scale, Nominal dan Ordinal pada Measure di SPSS

Pengertian Data View dan Variabel View SPSS serta Fungsinya

Cara Analisis Regresi Linear Berganda dengan SPSS