Agoritma Nearest Neighbor beserta Coding Matlab

Pengertian Agoritma Nearest Neighbor


Algoritma Nearest Neighbor adalah sebuah metode untuk melakukan klasifikasi terhadap objek berdasarkan data pembelajaran yang jaraknya paling dekat dengan objek tersebut.

Menurut Kusrini dan Emha (2009) algoritma nearest neighbor adalah pendekatan untuk mencari kasus dengan menghitung kedekatan antara kasus baru dengan kasus lama dengan berdasarkan pada pencocokan bobot dari sejumlah fitur yang ada yang memiliki kesamaan.

Prinsip dasar algoritma ini adalah untuk memprediksi atau mengklasifikasikan suatu titik data baru berdasarkan kesamaannya dengan titik data yang telah ada sebelumnya dalam sebuah himpunan data. 

Algoritma Nearest Neighbor memiliki fleksibilitas yang baik dan mudah untuk diimplementasikan, tetapi performanya dapat dipengaruhi oleh skala data dan dimensi atribut. Selain itu, algoritma ini juga bisa menjadi komputasi secara intensif karena harus menghitung jarak antara titik data baru dengan setiap titik data yang ada dalam himpunan data latih, terutama jika himpunan data tersebut sangat besar.

Permasalahan Travelling Salesman Problem (TSP)

Merupakan permasalahan untuk mencari rute terpendek dari sejumlah kota atau tempat dengan setiap kota hanyak boleh dilalui tepat satu kali dan perjalanan berawal dan berakhir dikota yang sama.

Pada artikel ini kita akan membahas permasalahan Travelling Salesman Problem menggunakan algortima nearest neighbor. Untuk penjelasan lebih mendalam mengenai travelling salesman problem bisa lihat lelalui tautan ini (tsp). 

Langkah-Langkah Penyelesaian TSP dengan Algoritma Nearest Neighbor

1. Buat peta aliran yang menggambarkan letak-letak daerah yang akan dituju beserta jarak    antar daerah.
Matrik jarak antar kota
Matrik jarak antar kota

Pada gambar tersebut, terdapat enam kota tujuan dan Depot sebagai titik awal dan titik akhir.
2. Proses pengerjaan dengan melihat daerah dengan jarak terpendek. setiap mencapai satu daerah algoritma ini akan memilih daerah selanjutnya 
yang belum dikunjungi dan memiliki jarak yang paling minimum.
3. Perhitungan nilai optimal dengan menjumlahkan jarak dari awal sampai akhir perjalanan. 

Baca juga: Algoritma Particle Swarm Optimization

Coding Algoritma Nearest Neighbor

Berikut ini terlampir video pembelajaran tentang TSP dengan algoritma nearest neighbor. Implementasi coding algoritma nearest neighbor menggunakan software Matlab. Sangat disarankan melihat video tersebut agar pemahaman Anda tentang Travelling Salesman Problem (TSP) dengan Algoritma Nearest Neighbor makin jago. terima kasih, salam faqirilmu.com




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Scale, Nominal dan Ordinal pada Measure di SPSS

Cara Membaca nilai R Tabel dan Download R Tabel (Tabel R)

Cara Analisis Regresi Linear Berganda dengan SPSS

Analisis Crosstab dengan SPSS [Uji Chi-Square dan Correlation]

Pengertian Data View dan Variabel View SPSS serta Fungsinya